Monthly Archives:September 2010

1

Shampoo Metal

September 1st, 2010 / Tags: , , / categories: shampoo /

Shampoo Metal? apakah itu
Belakangan ini banyak yang membahas mengenai shampoo metal, sebetulnya apakah itu, ternyata setelah belakangan banyak browsing, barulah saya tahu kalau yang disebut shampoo metal itu adalah kependekan dari Shampoo yang merawat total rambut.

Jadi baik rambut berketombe, lambat panjang, bisa diatasi oleh shampoo metal tersebut dan katanya rambut bisa panjang lebih cepat. Tetapi apakah benar seperti itu?

Menurut saya bisa ya, dan bisa tidak. Tergantung dari jenis rambut kita, ada yang kering, ada yang berminyak. Tidak ada rambut yang sama persis karena setiap gen membedakan jenis rambut antara satu orang dengan orang yang lain.

Satu produk shampoo metal ada yang cocok dipakai, orang tersebut merasakan faedahnya, ada pula orang lain yang sudah mencoba memakainya berulang kali tetapi tetap tidak merasakan perbedaannya, bahkan mengeluh rambut kering dan cenderung merah dan kadang rontok, itu semua adalah lumrah, jadi tidak perlu memaki (marah) pada suatu produk bila ternyata hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Dari sekian banyak masalah rambut, ketombe adalah termasuk yang banyak dialami orang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketombean. Faktor genetik, pertumbuhan kulit yang cepat (hiperproliferasi epidermis) dan keaktifan kelenjar sebasea. Namun beberapa study menunjukkan bahwa pada dermatitis seboroik kadar minyak pada kulit kepala tidak bertambah, namun komposisi minyaknya yang berubah. Jadi berketombe tidak identik dengan kulit kepala berminyak. Selain itu mikroba juga diperkirakan sebagai penyebab ketombe, suatu jamur yang disebut Pityrosporum oval, Malassezia sp.

Perlu dicatat di sini kondisi atopik (asthma alergika, rinitis alergika, dermatitis atopi atau eksim) menunjukkan gejala ketombe. Penelitian menunjukkan lebih dari 50% pasien yang menderita dermatitis seboroik/ ketombe mempunyai kondisi atopik.

Bagaimana dengan faktor fisik? Seperti suhu dan kelembabab yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Yang menjadi pertanyaan disini adalah penutupan kepala dengan kerudung, apakah dapat menyebabkan ketombe?

Penelitian yang dilakukan dr Kurniati dkk dari FKUI tahun 2001 terhadap sekelompok mahasiswa menunjukkan bahwa 37% mahasiswa yang berkerudung berketombe, dan + 25% yang tidak berkerudung berketombe. Akan tetapi perbedaan ini tidak bermakna secara statistik. Apalagi bahan kerudung juga sangat mempengaruhi keadaan kulit kepala. Jadi sebaiknya bahan kerudung jangan terlalu tebal, dapat menyerap keringat, dan tidak menyerap panas.

Keadaan imunitas tubuh dan nutrisi yang rendah juga menyebabkan ketombe. Hal ini tampak pada penderita AIDS atau malnutrisi yang ketombean. Dengan mengetahui faktor penyebab, diharapkan ketombe dapat diobati. Selain pengobatan maka diperlukan pula perawatan yang tepat.

Intinya setiap rambut perlu perawatan, produknyapun beragam tergantung jenis rambut anda. Silakan klik disini untuk melihat contoh produk perawatan rambut.
(more…)