• connect with
Indonesia
English
Tips & Trik
You are here : Home › Tips & Trik
back

Artikel Tips

Menghilangkan Stretch Mark Usai Melahirkan

Masalah umum yang menimpa wanita hamil dan selesai melahirkan adalah terjadinya stretch mark.

Sebagaimana diketahui, kulit manusia terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis dan hipodermis (subkutis). Stretch mark merupakan guratan (parutan) pada kulit yang memiliki pola memanjang dan tidak beraturan. Regangan kulit yang terjadi akibat perubahan hormon saat proses kehamilan ini kebanyakan terdapat di wilayah perut, dada, bagian bawah perut dan paha.
Stretch mark terjadi ketika lapisan dermis teregang melebihi daya fleksibilitasnya dalam waktu singkat. Akibatnya dermis pecah sehingga membentuk kerutan dengan warna kemerahan ataupun putih (lebih terang dari kulit kita). Gangguan ini hanya pada lapisan dermis, tidak mempengaruhi lapisan epidermis.
Meski sama-sama menimpa wanita, tetapi stretch mark berbeda dengan selulit. Selulit merupakan gumpalan-gumpalan kulit kecil akibat tersumbatnya lemak yang mengalir dalam darah. Bentuknya seperti kulit jeruk sunkist. Biasanya terpadat pada pinggir paha, selakangan paha, bokong dan perut. Stretch mark akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena dapat mengurangi rasa percaya diri.
Untuk mengurangi bekas-bekas stretch mark Anda bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini.

1. Perawatan Minyak
Urut di area stretch mark dengan minyak setiap hari secara rutin. Minyak yang dimaksud yaitu : minyak zaitun, minyak vitamin E, minyak kelapa, minyak alpukat.
2. Gel Aloe Vera
Herbal populer ini memiliki banyak sekali manfaat dan salah satunya yaitu dapat mengurangi strecth mark.
3. Putih Telur
Putih telur merupakan salah satu sumber makanan yang kaya protein. Dan protein yang ada pada putih telur berfungsi untuk meremajakan kulit. Karena itu putih telur sangat efektif mengurangi stretch mark jika dipakai secara rutin.
4. Mentega
Kandungan mentega mirip dengan minyak, sehingga manfaatnya pun sama, yaitu mampu mengencangkan dan melembabkan kulit.
5. Air
Banyak minum air putih selain mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga terbukti dapat mengurangi stretch mark.
6. Jus Lemon
Jus lemon bersifat acid, sehingga sangat efektif mengurangi regangan kulit. Sering-seringlah dibilas dengan air perasan lemon karena dipercaya dapat mengurangi stretch mark.
7. Jus Kentang
Ambil kentang berukuran kecil dan potong menjadi 2 bagian. Ambil satu bagian lalu usapkan pada area kulit yang terkena strech mark. Jus kentang juga akan meresap ke dalam kulit dan mengurangi kesan parut pada kulit.
8. Scrub Gula
Campurkan satu sendok besar gula dengan beberapa tetes lemon dan sedikit minyak, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena stretch mark. Scrub ini berguna untuk membuang sel kulit mati.

Tentu semua upaya di atas hasilnya tidak bisa seperti simsalabim alias instan. Semua harus berproses dan dilakukan secara teratur. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.*Nov/Harmoni

Produk Brands